Jumat, 12 September 2008

Jabalussalam goes to Panti Jompo







Tidak seperti biasanya tanggal 12 September 2008 pukul 08.00 pagi, suasana di depan TK Alam Jabalussalam ramai sekali. Di jalanan, mobil-mobil berbaris rapi. Para Bunda dan satu dua orang Ayah terlihat hilir mudik. Sejumlah Greenbag berisi bingkisan dipindahkan dari mobil ke halaman samping mesjid, satu dua orang Ayah terlihat sigap membantu. Belum lagi aktivitas di dalam sekolah. Teman-teman kecil dari TK A dan B sudah duduk bersila dalam barisan yang rapi. Suara mereka riuh rendah. Beberapa orang guru tampak sibuk mengatur, menenangkan, sembari mengabsen. Suara mereka terlihat berjuang melawan suara teman-teman kecil yang ribut. Ada apa gerangan? Ternyata hari ini, teman-teman dari TK A dan TK B akan berkunjung ke Panti Jompo. Kunjungan mereka ini akan disertai oleh para Bunda dan Yanda Guru dan para orang-tua masing-masing.

Tepat pukul 08.30, teman-teman kecil dengan wajah secerah mentari, dalam barisan kereta api yang didampingi Yanda Bunda guru, berbaris keluar dari sekolah. Mereka mengisi mobil-mobil yang sudah tersedia. Tidak lupa Ayah, Bunda juga turut serta. Sebagian Bunda menjadi sukarelawan “supir” dadakan. Alhamdulillah, mobil yang tersedia mampu menampung teman-teman TK yang jumlahnya sekitar 70 orang, 6 orang guru dan 22 orang tua murid. Setelah yakin semua siap, perlahan mobil-mobil bergerak berkonvoi menuju tujuan.

Pukul 09.00 rombongan tiba di Panti Jompo Tresna Werdha Bakti Abadi. Di sana mereka diarahkan untuk berkumpul di Langgar Ar Rahmah dan mendapatkan briefing dari Bunda dan Yanda guru. Tak lupa mereka berdoa demi kelancaran acara. Setelah pemberian pengarahan selesai, teman-teman berbaris di depan langgar, bersiap-siap untuk kunjungan. Agar kunjungan teratur dan efektif, barisan dibagi menjadi dua. Menginjak pukul 09.50 teman-teman TK A dan B bergantian masuk ke dalam ruangan.

Bingkisan-bingkisan sederhana disiapkan dan dibagikan langsung oleh perwakilan teman dari TK A dan B. Bingkisan itu antara lain berisi penganan kecil dan peralatan mandi. Beberapa teman-teman tampak santun bertanya kepada para nenek dan kakek di bawah bimbingan Bunda Yanda guru. Guru-guru juga tampak menyapa hangat dan menyalami mereka satu persatu. Terdapat sekitar 12 nenek dan 6 orang kakek di Panti Jompo yang berdiri tahun 1989 tersebut. Mereka antara lain sampai di Panti dengan berbagai jalan. Ada yang langsung diserahkan oleh keluarga, ada yang diserahkan oleh Pamong Praja dan ada juga yang diantarkan oleh para warga karena terlihat tersesat di jalan.

Suasana kunjungan berlangsung singkat tapi meninggalkan kesan mendalam untuk teman-teman kecil Jabalussalam. Beberapa penghuni Panti bahkan menitikkan airmata haru. Dari mulut mereka terlontar ucapan terima kasih karena telah dikunjungi. Ketika jam menunjukkan pukul 10.10 kunjungan berakhir. Ketika teman-teman TK berkumpul kembali di Langgar Ar Rahmah, Yanda Amir memberikan pencerahan mengenai esensi dari kunjungan ke Panti Jompo ini. Beliau menanamkan kewajiban untuk menghormati dan menyayangi orang yang telah lanjut usia, seperti nenek dan kakek yang baru mereka lihat. Teman-teman juga disentuh hatinya untuk lebih berempati dan menyelami perasaan penghuni Panti. Teman-teman mungil tampak menyimak dengan tekun. Sesekali menjawab pertanyaan Yanda Amir dengan semangat.
“Kalau sama orang tua harus apa temen-temen?”
“Harus sayaaaaaannnnnggg!”
“Boleh nggak kita pukul-pukul orang tua kita? Kakek dan nenek kita??”
“Nggak boleeeehhh!”
“Trus nggak boleh apa lagi??”
“Dorong-dorong...”
“Marah-marah...”
“Iya, jadi dengan orang tua kita harus saaayyyaaang...harus hooormat.”

Tepat pukul 10.25 acara lawatan ditutup dengan berdoa bersama. Alhamdulillah acara kunjungan hari ini berjalan lancar sesuai harapan. Semoga apa yang telah dilewati teman-teman kecil Jabalussalam hari ini menjadi rekaman yang tak hilang oleh waktu dan mampu mengingatkan mereka akan fitrah manusia yang harus selalu saling sayang dan hormat kepada yang lebih tua, hingga dewasa nanti.

0 comments:

 

Simply Dini Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting