Kamis, 26 Maret 2009

Kuliner Balikpapan, in a glance

Kalau dicermati, kuliner di Balikpapan banyak terkontaminasi cita rasa Jawa Timur dan Sulawesi. Di Balikpapan, makanan dari Jawa Tengah dan sekitarnya kurang mendapat tempat. Lihat saja, seperti soto! Lidah Balikpapan sudah kadung terpesona oleh soto Suroboyoan. Soto yang bercita rasa kuat dengan bumbu yang sangat loyal. Soto Kudus, soto Klaten dan yang sejenisnya, yang manis-manis jarang ada di sini. Sebut juga seperti rawon, gudeg, kurang mendominasi walaupun tetap tersedia di Balikpapan.

Makanan berbumbu kacang yang “banjir” juga berhamburan di sudut-sudut Balikpapan. Walaupun jarang ada yang punya warung, tapi makanan jenis gado-gado dan tahu tek-tek gampang anda temui kalau anda rajin ngider dari jam 16.00 sampai jam 20.00,bahkan sampai jam 22.00. Penjual gado-gado adalah wanita-wanita lanjut dengan gaya busana yang “gado-gado” juga. Very-very unfashionable!! Atasannya baju warna-warni, bawahan sewek batik yang sudah luntur warnanya. Mereka kebanyakan berasal dari pulau Madura. Penjual tahu tek-tek yang menghiasi pinggir-pinggir jalan Balikpapan juga kebanyakan warga Surabaya perantau. Walaupun penampilannya tidak meyakinkan, herannya, hasil racikannya selalu pas di lidah.

Bakso yang paling laris dan enak juga berasal dari Malang. Lagi-lagi Jawa Timur. Bakso yang letaknya di terminal BP ini malah berani buka hingga 24 jam. Citarasanya yang Jawa Timur-an membuat rumah makan ini ketika pertama kali buka, ramai pengunjung.

Pecel ayam? Pecel lele? Juga Jawa Timur-an. Tidak percaya? Rasakan saja sambelnya. Dua warung yang paling ramai, mengklaim bahwa sambel yang mereka buat adalah gaya Jawa Timur. Mereka adalah warung Mbak Nur di Dam, dan warung 84 di Kantor Pos. Sambelnya kalau anda pernah merasakan…hmm..maknyus sampai ke ubun-ubun! Maka semua sajian pecel, baik ayam, bebek, lele, kalau tanpa sambel,jangan dibeli!! Useless!

Nah, kalo nasi goreng, masih mengundang perdebatan. Saya berpendapat, nasi goreng paling enak ada di sekitar PUSKIB dekat Primagama. Tapi beberapa orang menyangkal. Ada yang berpendapat nasgor di Ayam Goreng Sulawesi paling enak sedunia. Dua nasgor ini sama enaknya in a way that nobody knows. Only you and your tongue know it. :)))

Nasi campur?? 2 warung ternama yang menjual nasi campur dan nasi pecel paling OK berasal dari Jawa Timur. Mereka adalah Warung Tulungagung dan warung Nganjuk. Kalau anda pernah makan di warung Tulungagung, hmm.. anda akan ketagihan untuk ke sana lagi, sampai-sampai anda akan menduga mereka menyisipkan sejenis obat-obatan terlarang seperti sabu atau kokain dan sejenisnya!!

Tentu saja tulisanku ini tidak bisa menjadi barometer. Ini hanya sekedar opini pribadi si penyuka makanan (^-^)v

0 comments:

 

Simply Dini Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting