Senin, 02 Maret 2009

Ibu-ibu Pedagang

Aku menemukan ibu-ibu pedagang handal di Jabalussalam. Sembari menanti anaknya pulang, ibu-ibu pedagang tak sudi hanya duduk ngerumpi tak tentu arah. Ibu-ibu ini langsung mengeluarkan brosur produk dagangan, atau sekantong besar plastik berisi baju-baju atau apa saja yang akan dijual. Barang yang dijual bisa apa saja. Tas, baju, rok, celana, jilbab-jilbab, wadah-wadah plastik mahal bernama Tupperware:)) bahkan ada juga yang jualan buku. Wah-wah!

Ibu-ibu jenis ini memuliakan dirinya dengan membangun kemandirian finansial. Mereka ini yang aku istilahkan juga sebagai “komunitas tangan di atas.” Sangat hebat. Segenap rasa salutku mengalir kepada mereka.

Jangan salah, bahwa ibu pedagang datang dari rumah tangga yang mampu. Namun zona nyaman itu tidak membuai mereka. Dengan senyum merekah, dengan antusiasme tingkat tinggi, dengan semangat melebihi pejuang 45, mereka datang ke calon-calon konsumen, menawarkan apa saja yang bisa ditawarkan. Dahsyat sekali skillnya. Yang enggan membeli menjadi terbujuk. Yang memasang posisi jauh, menjadi mendekat. Alhasil, satu, dua barang laku. Yang beli ikut merayu yang tak beli. Akhirnya bertebaranlah para “impulsive buyer” akibat bujuk rayu sang ibu-ibu pedagang:))

Ah, aku merasa kecil tiap kali berinteraksi dengan mereka. Para ibu rumah tangga yang berdaya guna. ‘Strong from home’ community! (not like me hmmppffhh)

Rumah tangga Indonesia akan kuat kalau semua bermental pedagang seperti ini!! Bisa jadi bisnis rumah tangga seperti ini meraksasa, kemudian para suami bisa berhenti kerja dan menyokong usaha rumah tangga istri. Jadi tidak lagi menghamba kepada korporatokrasi asing seperti kebanyakan para bapak-bapak itu. Total kita tinggalkan, Chevron kita tinggalkan, Exxon Mobile kita tinggalkan! Baker kita tinggalkan, Halliburton, Slb, bla bla Hehehe ..

Bravo ibu-ibu!


(A tribute to Mbak Erni, Mbak Tati, Ami, Mbak Nurul, Mbak Susi, Bu Mahmudah, Mbak Kris, Yanti, Bu Herman, dan ibu-ibu pedagang lain yang ada di hatiku)

0 comments:

 

Simply Dini Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting